Selasa, 19 Oktober 2010

wisata sasta jambi

Bosan mengisi liburan akhir pekan? Sebuah taman dengan nuansa alam hutan buatan di daerah Kenali Bawah yang dikenal dengan Taman Hutan Kenali menawarkan suasana lain.

Dengan luas lahan ± 10 ha, kita dapat menikmati indahnya alam hutan Pinus yang beralamat di Jl Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam. Selain pohon pinus, disini juga terdapat beberapa jenis pohon yang cukup sulit untuk ditemui didaerah lain seperti pohon Bulian, pohon Gaharu dan pohon Tembesu.

Taman ini awalnya adalah tempat pembudidayaan tanaman Pinus, yang mulai dibangun pada tahun 1964 dan kemudian berkembang menjadi taman. Saat jambi-online mengunjungi areal seluas 10 ha ini langsung disambut baik oleh petugas di lapangan. Pak Sukirman namanya. Kemudian jambi-online pun diajak berkeliling dan sesekali mendapat penerangan dari pak Sukirman.

hutan-pinus18sukirmanMenurut pak Sukirman pengelola Taman Hutan Kenali, taman ini sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa. Biasanya mereka berkemah atau hanya ingin liburan. Sembari belajar mengenal pohon yang memang cukup sulit ditemui. Sebagian tanaman yang dibudidayakan disini merupakan tanaman khas dari propinsi Jambi, salah satunya adalah pohon Bulian.

“Taman ini juga pernah dikunjungi oleh Gubernur Jambi, Pangdam Sriwijaya dan beberapa menteri. Bahkan ibu Megawati saat menjabat sebagai Wakil Presiden juga turut serta menanam salah pohon di taman hutan pinus ini,”ujarnya.

taman-hutan-pinus-jambiUntuk berjalan mengelilingi taman, kita dapat mengikuti jalan setapak yang memang dibuat untuk memanjakan pengunjung. Namun karena lahan taman ini luas, maka cukup menghabiskan banyak tenaga. Oleh karena itu, membawa bekal makanan dan minuman adalah penting diperhatikan. Dan kita dapat beristirahat di pondok-pondok kecil yang disediakan oleh pengelola, sambil menikmati sejuknya suasana taman.

“Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya,”tegas pak Sukirman sembari tersenyum.

Selain berwisata, pengunjung biasanya menjadikan taman hutan ini untuk foto prawedding. Memang cukup menarik, karena Taman Hutan Kenali ini dikelola dengan baik. Kebersihan di Taman ini juga sangat diperhatikan. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, dilarang menghidupkan api unggun di tempat sembarangan. Pihak pengelola menyediakan tong untuk menghidupkan api unggun. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

tanam-hutan-pinusTaman Hutan Kenali merupakan kawasan wisata yang terletak disebelah selatan Kota Jambi. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit dari pusat kota. Untuk masuk ke kawasan taman ini, pengunjung diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp. 2500,- per orang. (Sony/Fadli Tanjung/www.jambi-online.com)

Tambahkan komentar Komentator

Konversi Kode

Terima kasih telah berkomentar