Senin, 03 Januari 2011

NOVEL MENUJU LANGITMU KARYA AJI MUSADIQ DALAM PEMAHAMAN MIMETIK

Novel
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Novel merupakan tulisan berupa karangan prosa yang panjang dan menceritakn sebuah kisah, jadi novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya dalam bentuk cerita. Novel juga salah satu karya sastra yang sangat menarik untuk dikaji, mengakaji sebuah karya sastra bukan hanya untuk memahami isi novel atau sekedar tau nilai keindahan yang terkandung didalmnya. Akan tetapi juga diharpkan kita sebagai pembaca mampu mengambil pesan dan nilai amanat yang ada didalamnya , nilai amanat ini seperti nilai moral, etika, religi. Karya sastra merupakan gambaran sebuah kehidupan karena kisah dalam novel menuju langitmu yang dalam bab I novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswa yang kehidupannya gaya santai dengan kegiatan – kegiatannya yang dia lakukan setiap hari seperti kuliah, main band dan ngumpul bareng teman – teman . dan seorang pemuda mahasiswa mempunya
i tiga orang teman yang selalu ada setia menemani dia dalam keadaan apapun yaitu rady,tama dan andi.
Dan telah bersahabat lama dengan ketiga temannya itu yang awalnya dan berteman dengan Rady dan tama sejak ospek di UNPAD, sedangkan andi itu mereka bertemu setelah perkuliahan dimulai selesai ospek , yang mana mereka bersahabat empat orang itu berbeda jurusan, yaitu Rady dan Tama adalah mahasiswa hubungan internasional, sedangkan andi dan odan satu jurusan. Yaitu ilmu pemerintahan di kampusnya. Di antara empat sekawan ini, odan, Rady punya kebiasaan berguyon dan mencela orang lain. Tapi sasaran empuk kedua orang itu adalah Andi yang selalu kikuk dan ceroboh. Hal ini belum di tambah dengan logat bataknya yang lucu dan bercampur dialek melayu. Semester tama lebih mirip seorang badut karena rajin tertawa dan membumbu penyataan – pernyataan odan Rady dalam mencela Andi .
Persahabatan mereka semakin akrab sebelah membentuk setelah waktu – waktu kuliah. Mereka melakukan bermain music itu di karenakan kehidupan di kota jati Negara yang monoton, mendorong mereka untuk menyibukan diri dengan cara bermain music. Sebuah laternatif positif ketimbang kegiatan para mahasiswa lainnya yang biasanya hanya mengisi waktu senggang mereka dengan menonton film – film porno .
Dan di dalam empat sahabat itu Andi adalah salah satunya korban yang masih kecanduan dengan kebiasaan umum dikalangan mahasiswa UNPD .
Didalam grup music yang mereka didirikan itu terdiri dari empat personil, yaitu odan memainkan bass , and gitar, Rady vokalis dan dan tama di drum.
Didalam persahabatn mereka memang odan tak pernah merasa berat dengan keadaan teman – temannya walaupun kadng mengesalkan , merepotkan dan melelahkan, tetapi dia berfikir hanya ketiga sahabatnya itulah yang mengetahui perasaannya.
Menurut odan , persahabatan itu gak bisa dinilai dengan materi.
Sahabat adalah temapt bersandar dan mengadu saat kita jauh dari keluarga. Hanya sahabat sejati saja yang rela menemani di kala senang mapun susah. Itulah sebabnya dia selalu menjaga ikatan persahabat sejati. Kini disaat merasa hidupnya sudah lengkap, namun entah kenapa, ada kalanya dia ingin mengalami sesuatu yang baru. Karena baginya, dunia masih penuh dengan misteri. Adapun analisis yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan mimesis, di dalam novel menuju langitmu terkandung pesan dan nasehat dalam menjalankan persahabatan. Penggunaan alur maju membuat cerita ini menjadi menarik, sehingga ceritanya terasa hidup , dan pembaca bisa mampu mengalami pesan dan amanat yang terdapat di dalam cerita di dalam novel.
Dari uraian tersebut di atas, penulis tertarik untuk meneliti dari segi pemahaman kritik mimesis yang mana katanya pembuatan novel ini diangkat dari kisah nyata.

B. Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah dalam karya ilmiah ini adalah “ pemahaman kritik mimesis dalam novel menuju langitmu karya aji musadiq.

C. Batasan Masalah
Masalah dalam karya ilmiah ini di batasi pada : pemahaman kritik mimesis, dengan alasan karena keterbatasan yang dimilki oleh penulis. Baik waktu, kesempatan maupun tenaga

D. Rumusan Masalah
Adapun rumus masalah dalam karya ilmiah ini adalah bagaimana novel menuju Langitmu karya Aji Musadiq dalam pemahaman memetik



E. Tujuan Penelitian
1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah kritik sastra
2. Sesudah membaca novel ini maka tumbuh pemahaman baru.








BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Novel
Menrut suyitno (Rani Hilda, 2009 :11) novel berasal dari bahasa latin “ novelus” sedang novel itu berasal dari kata novelec yang berarti bearu dikatakan , baru karena karya sastra yang datang nya lebih – lebih akhir dari bentuk karya sastra yang lain seperti puisi dan drama.
Menurut Semi (1988 :32), tidak perlu di bedakan antara novel dan roman karena dalam pengertian novel ter cangkup pengertian, roman hanyalah istilah novel untuk zaman sebelum perang ke dua .
Kemudian tarigan (1985 : 164), menjelaskan bahwa novel sebagai cerita prosa dan fiktif, yang melukiskan tokoh cerita, gerak serta adegan kehidupan yang nyata yang mewakili dalam suatu urutan peristiwa.
Menurut KBBI (2008 :555) Novel merupakan tulisan berupa karangan prosa yang panjang dan menceritakn sebuah kisah.
Dari pngertian di atas maka penulis menyimpulkan bahwa novel adalah sebuah karya tulis yang bersifat fiktif dan menceritakan sebuah kisah yang diperankan oleh tokoh.



B. Pendekatan Mimetik
Menurut Abrams (1976 : 89), pendekatan mimetik merupakan pendekatan estetis yang paling primitive. Akar sejarahnya terkandung dalam pandangan plato dan aristoteles. Menurut plato, dasar pertimbangannya adalah dunia pengalaman, yaitu karya sastra itu sendiri tidak bisa mewakili kenyataannya yang sesungguhnya, melainkan hanya sebagai peniruan. Secara hirarkis dengan demikian karya seni berada di bawah kenyataan. Pandagan ini ditolak aristoteles dengan argument bahwa karya seni berusaha membangun dunianya sendiri. Selama abad pertengahan karya seni meniru alam dikaitkan
dengan adanya dominasi ciptaan tuhan. Teori estetis ini tidak hanay ada di barat tetapi juga di dunia arab Indonesia.
Metode Kritik Mimetik
1. Kepada kelompok yang digunakan , yaitu : dalam karya sastra diberi angket tentang sosial buday masyarakat.
2. Menghubungkan suatu yang ada dalam karya sastra dengan unsur yang ada dalam karya sastra tertentu yang terdapat dalam masyarakat .
3. Kepada anggota masyarakat tertentu yang membacanya, karya sastra diberikan pernyataan tentang sosial budaya yang telah hilang dalam masyarakat.



BAB III
PEMBAHASAN
A. Yang membuat menarik pada novel
Setelah dilakukan penelitian maka dapat diketahui bahwa ada beberapa hal yang membuat pembaca menggemari dan dianggap menarik dalam dalam novel menuju langitmu Karya Aji Musadiq
1. Tema
Tema yang terdapat daalm novel menuju langitmu Karya Aji Musadiq, sangat menarik sehingga ceritanya mampu membawa pembaca seolah – olah bisa berada dalam cerita novel tersebut, dan membuat pembaca bisa menghayati ketika membacanya.
2. Alur
Alur yang digunakan novel ini adalah alur naju , sehingga pembaca tidak bingung dalam menganalisis dan memahami cerita yang ada daalm novel
3. Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan dalam novel menuju langitmu cukup menarik karena mudah di pahami oleh semua kalangan pembaca yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa gaul anak muda sekarang sehingga pembaca lebih mudah memahami isi novel atau maksud yana ada dalam novel .
B. Kaitanya dengan kehidupan sekarang
Daalm novel ini pada BAB I menceritakan tentang empat orang sahabat yang berteman dan bersahabat , sejak lama dan mereka saling melengkapi satu sama lainnya tanpa ada rasa yang merasa terbebani dengan tingakh laku teman – teman mereka.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasrkan pembahasan tentang pemahaman kritik mimesis dalam novel menuju langitmu Karya Aji Musadiq , maka penuli dapat menyimpulkan bahwa mimesis adalah pendekatan kritik satra yang paling beragam sehingga pembaca novel tersebut dapat terkesan dalam penerimaan pembacanya. Sehingga novel ini patut di baca khususnya bagi pemuda – pemuda zaman sekarang yang menjalin persahabatan.

B. Saran
Saran penulis untuk pembaca adalah persahabatan itu harus di jaga. Supaya bisa dapat terjalin persahabatan yang sejati dan kita harus sabar dalam menghadapi tingkah laku sahabat – sahabat kita, agar persahabatn kita tetap terjalin harmonis.


DAFTAR PUSTAKA

Aminudin .1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Malang : IKIP Malang
Musadiq Aji,2008. Menuju Langitmu. Jakarta : Ufuk Press
Wellek Rene . Teori Kesustraan. Jakarta :PT.Gramedia

1 komentar:

Apa novel ini sudah tidak cetak ulang ...
Pengen punya sudah cari dionline atau toko buku sudah pada gak tau...
Tolong infonya min.makasih

Tambahkan komentar Komentator

Konversi Kode

Terima kasih telah berkomentar